TUGAS 2 SEMIOTIKA

PENANDA & PETANDA

PADA KUCING BERNAMA KUMI


    Pada pagi hari ini selasa, 22 Maret 2022. Di pagi hari yang cerah, kucing saya bernama Kumi berwarna hitam penuh, berusia 1 tahun, berkelamin jantan, memberikan tanda bahwa ia sedang kelaparan dan ingin makan. Saya rutin memberikan jadwal makan pagi kepada Kumi setiap jam 7:30. 

    Penanda yang Kumi berikan kepada saya saat ia sedang kelaparan adalah mengeong dan menggosok-gosokkan badannya ke kaki saya. Karena ia tahu hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian saya. Hal tersebut disebut Penanda. Penanda merupakan eksistensi fisik dari tanda.

    Petanda atau fakta mental yang dapat diambil adalah seekor kucing berwarna hitam penuh yang sedang kelaparan di pagi hari, meminta saya sebagai majikannya memberikan makan. Makna yang dapat diambil adalah di pagi hari kucing juga merasakan lapar layaknya manusia, ini merupakan sifat alami kebutuhan makhluk hidup sehari-hari. Dia akan memberikan tanda bahwa ia sedang kelaparan, demi memenuhi rasa lapar yang terjadi. Hormon yang berfungsi dalam membuat perut berkontraksi ketika sedang lapar adalah hormon motilin. Hormon lainnya yang terlibah adalah gherelin, penelitian yang dilakukan kepada tikus menunjukkan hormon tersebut mengirimkan sinyal ke otak.

    Semua proses yang terjadi pada tubuh makhluk hidup bisa dijelaskan secara runut dan terstruktur mengapa hal tersebut bisa terjadi. Dan juga semua proses yang terjadi dalam kehidupan sehari hari bisa dipahami dengan cara kerja semiotika.

    Terima Kasih.


- Kahfi Gentar Aryada_202046500312_R4E

Komentar